Yulandari's Blog

May 13, 2011

Ilmuwan Gali Makam ‘Mona Lisa’

Filed under: Uncategorized — yulandari @ 11:05 am

Sebuah proyek penggalian besar sedang dikerjakan di Florence, Italia. Lantaran melibatkan para arkeolog terkemuka, proyek ini menarik perhatian besar media massa. Sejumlah arkeolog ini sedang mengali sebuah kubur, yang diyakini sebagai makam Mona Lisa.

Media Italia, ANSA mengabarkan bahwa para ilmuwan berharap menemukan makam Lisa Gherardini Del Giocondo, istri seorang saudagar sutra Italia yang tewas tahun 1545. Ia diyakini menjadi model lukisan Mona Lisa — karya maestro Leonardo Da Vinci yang sohor ke seluruh bumi itu.

Sejarahwan seni Italia, Silvano Vinceti berharap bisa merekonstruksi tengkorak Lisa Gherardini dan membandingkannya dengan lukisan Mona Lisa — yang versi aslinya masih tergantung di Museum Louvre, Paris, Prancis.

Tim yang dibentuknya menggunakan alat georadar untuk mencari bekas reruntuhan Gereja Saint Orsola di Florence yang kemudian menjadi pabrik tembakau dan lokasi perlindungan Perang Dunia II.

Minggu ini, para ilmuwan telah memindahkan lantai beton dan menemukan tangga bata  yang diyakini menuju ruang bawah tanah. Tim bahkan menemukan dua  dua makam dan kubah batu bata. “Temuan ini konsisten dengan perkiraan kami,” kata Vinceti, seperti dimuat Adelaide Now, Jumat 13 Mei 2011.

“Seharusnya kami sudah berada di mana altar pernah berdiri. Sesuai hasil pemindaian georadar, ini mengarah ke ruang bawah tanah.
Para ahli percaya Lisa Gherardini masuk  biara setelah kematian suaminya. Ia juga wafat di biara dalam usia 63 tahun.

Penggalian yang dilakukan para ahli itu diprotes sejumlah orang, terutama keluarga Lisa.  Natalia Guicciardini Strozzi, anggota dari salah satu keluarga tertua Florence dan keturunan langsung dari Giocondo, menuding para arkeolog melanggar kekeramatan, dengan alasan mengungkap misteri di balik senyum Mona Lisa.

Sejauh ini, memang tak ada lukisan semisterius dan mengundang intrik seperti Mona Lisa. Ia iyakini menyimpan banyak simbol tersembunyi: dari simbol ‘LV’ di matanya, angka ’72 di lengkung jembatan di latar lukisan, sampai senyumannya yang jadi teka-teki.

sumber : teknologi.vivanews.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: