Yulandari's Blog

January 2, 2011

Kasus : Pengoptimalan keadaan perusahaan

Filed under: Lecture — yulandari @ 3:40 pm

Nama        : Dian Putri Yulandari

NPM/kelas   : 11109534/2ka01


KASUS             :

Sebuah organisasi manufacturing yang mempunyai karyawan sekitar 270 orang mempekerjakan seorang manajer pabrik baru dengan maksud untuk mengurangi biaya-biaya produksi, meningkatkan kualitas produksi, dan memperbaiki produktivitas karyawan. pekerjaan adalah melelahkan dan kondisi-kondisi pekerjaan sangat tidak menyenangkan. ini terutama disebabkan oleh panas dan debu yang ditimbulkan proses produksi. hari kerja dibagi 3 shift, dimana lama waktu setiap shift adalah 8 jam, tanpa waktu makan yang ditetapkan secara eksplisit. para karyawan biasanya membeli minuman dan makanan dari warung-warung di sekitar pabrik dan minum atau makan sambil bekerja. teknisi keamanan pabrik mengemukakan bahwa gang-gang yang digunakan untuk lalu lintas truk-truk pengangkut barang sering terhambat atau terganggu oleh lalu lalang para karyawan yang memerlukan dan membeli makanan dan minuman. manajer baru mengambil keputusan untuk membangun sebuah cafetaria untuk mengurangi bahaya keamanan ini dan untuk memberikan kepada karyawan suatu tempat makan jauh dari proses produksi yang tidak menyenangkan.

Setelah bangunan diselesaikan, para karyawan mulai makan di cafetaria seperti yang diharapkan. bagaimanapun juga, meninggalkan lokasi pekerjaan menunjukkan secara implisit adanya periode istirahat untuk makan bagi para karyawan. waktu yang dihabiskan para karyawan untuk keperluan tersebut tentunya naik secara menyolok, dan sebagai akibatnya terjadi penurunan produktivitas. manajer pabrik kemudian memutuskan bahwa untuk menghindari para karyawan mondar-mandir ke cafetaria, dia akan memindahkan kursi-kursi. para karyawan marah karena “kenyamanan” yang selama ini mereka rasakan telah diambil. konsultan pengembangan organisasi, setelah diperkenalkan, memperoleh informasi dari serangkaian wawancara bahwa para karyawan tidak menginginkan cafetaria. mereka sesungguhnya menginginkan lokasi yang lebih aman dari truk-truk pengangkut barang.

pertanyaan:

apa kesalahan-kesalahan pokok yang dibuat manajemen dalam proses perubahan tersebut? jelaskan!

Jawab :

Dari kasus di atas, menurut saya kesalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah kurangnya penetapan peraturan yang efisien.

Ada beberapa kesalahan yang akan saya bahas satu per satu :

  1. Tidak adanya waktu istirahat di setiap shift.

Tidak adanya waktu istirahat di setiap shift menyebabkan waktu kerja menjadi tidak optimal karena karyawan sering keluar masuk membeli makanan minuman secara berantakan karena tidak adanya waktu istirahat yang tetap.

  1. Penempatan area yang kurang di perhatikan

Maksudnya adalah, jika memang ada inisiatif dari manager untuk membuat cafeteria sebaiknya di pikirkan penempatannya. Sebaiknya pilih tempat yang tidak merugikan kebaikan bersama,serta memberikan waktu istirahat yang jelas sehingga tidak bebas ke cafeteria kapan saja,dan agar lebih aman, cafeteria sebaiknya jaga oleh penjaga  , jadi saat belum istirahat tidak ada yang boleh masuk untuk membeli makanan ataupun minuman.

  1. Kurangnya komunikasi antar manajer dengan para karyawan

Ini merupakan hal yag terpenting dalam suatu perusahaan, jangn melakukan sesuatu atas kepentingan sepihak, sebaiknya dilakukan musyawarah terebih dahulu agar bias dicari sama-sama jalan keluarnya dan semua puas.

Solusi untuk menyelesaikan kasus ini adalah musyawarahkan dulu bersama-sama apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki semua ini tanpa merugikan salah satu pihak.  Cafeteria jangan di letakkan di area yang akan mengganggu keluar masuk truk. Serta penetapan jam istirahat yang tetap dengan batas waktu yang wajar,. Saya rasa produktivitas kerja para karyawan akan lebih baik jika semuanya teratur.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: